Cara Praktis Mencegah Terkena Panas Dalam

Gejala yang timbul saat panas dalam seringkali tidak mengkhawatirkan, namun jika diabaikan bisa menganggu kenyamanan kita. Tenggorokan yang tidak nyaman dapat berujung kepada rasa sakit saat menelan. Ada pula gejala panas dalam lainnya yang cukup mencuri perhatian, yaitu bau mulut, bibir kering dan pecah-pecah, sariawan, dan batuk. Jika tidak segera diatasi, akan menjadi awal dari penyakit lainnya seperti flu.

Apa itu panas dalam?

Istilah yang sering dipakai untuk menyimpulkan beberapa gejala di atas faktanya tidak ada dalam kosakata medis. Panas dalam bukanlah suatu penyakit, namun merupakan kumpulan gejala awal dari infeksi virus atau bakteri. Salah satu penelitian juga menyatakan bahwa gejala panas dalam berkaitan dengan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

Cara mencegah panas dalam

Sebelum kita sampai pada cara mencegahnya, ada baiknya kita memiliki pengetahuan apa yang menjadi penyebabnya. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya panas dalam, namun dapat disimpulkan menjadi dua, yaitu lemahnya daya tahan tubuh dan dehidrasi. Lalu apa yang harus dilakukan untuk mencegahnya?

Terapkanlah gaya hidup sehat yang praktis dilakukan. Tidurlah yang cukup, perbanyak minum air putih, dan hindari rokok dan minuman beralkohol untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak rentan terhadap virus atau bakteri. Bila situasi dan kondisi kurang memungkinkan untuk memiliki tidur yang cukup, meminum multivitamin dapat menjadi alternatif, namun tetap cukup tidur ialah yang utama.

Bagaimana jika sudah terlanjur panas dalam?

Pertama, tetaplah menerapkan gaya hidup sehat yang telah dijabarkan di atas. Kedua, konsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, daging rendah lemak, dan karbohidrat kompleks. Pastikan makanan dan minuman yang sedang dikonsumsi nyaman di tenggorokan kita. Ketiga, penggunaan humidifier atau pelembab ruangan membantu menjaga tenggorokan agar tidak kering. Selain itu, berkumur air garam juga dapat meredakan nyeri tenggorokan.

Cegah panas dalam dengan X’TRAGIN Teh Chrysanthemum

Perkenalkan X’TRAGIN Teh Chrysanthemum yang terbuat dari kumpulan bahan dengan sifat antiradang, yakni bunga Chrysanthemum, luo han guo, dan kunyit. (Baca juga manfaat kunyit di sini) Selain itu, minuman bubuk ini juga mengandung bahan menyehatkan lainnya, seperti temulawak, akar alang-alang, dan vitamin C. Dengan memadukan semua bahan tersebut, X’TRAGIN Teh Chrysanthemum akan sangat membantu untuk mencegah terjadinya panas dalam.¬†Dapatkan minuman herbal bermanfaat ini dengan klik di sini.