Jenis-jenis Jahe dan Cara Meraciknya

Sudah menjadi rahasia umum kalau rempah yang satu ini kaya akan manfaat bagi kesehatan tubuh. Ada 3 jenis jahe yang dapat kita konsumsi demi daya tahan tubuh, yaitu jahe gajah, jahe emprit, dan jahe merah. Yuk kita simak satu-satu.

Jahe Gajah

Dijuluki sebagai jahe gajah karena jahe ini memiliki rimpang yang besar dan gemuk. Jahe ini juga disebut jahe kuning besar karena potongannya melintang berwarna putih kekuningan, berserat sedikit dan lembut. Nama lain jahe gajah ialah jahe putih besar, jahe badak atau jahe kombongan. Meskipun ukurannya besar, rasanya tidak terlalu pedas dan aromanya juga tidak terlalu tajam.

Jahe Emprit

Walaupun sama-sama memiliki potongan melintang berwarna putih kekuningan dan berserat lembut, jahe emprit lebih pipih dan berukuran lebih kecil dibanding jahe gajah. Aroma yang dihasilkan jahe ini juga lebih tajam dan rasanya lebih pedas. Nama lain jahe ini adalah jahe sunti atau jahe putih kecil.

Jahe Merah

Siapa yang sudah tak asing lagi dengan jahe ini? Sesuai namanya, jahe ini berwarna jingga hingga kemerah-merahan. Seratnya kasar, aromanya sangat tajam, dan rasanya paling pedas di antara jenis jahe lainnya. Seringkali, jahe ini digunakan sebagai komponen obat-obatan tradisional.

Memanfaatkan Jahe

Karena kandungan minyak atsiri pada jahe emprit lebih banyak daripada jahe gajah, jahe emprit sering diolah menjadi wedang jahe atau minuman jahe hangat. Sementara jahe gajah biasanya digunakan sebagai bahan bumbu masakan. Bagaimana dengan jahe merah? Di antara ketiga jenis jahe yang ada, jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri paling banyak. Hal ini menjadikan jahe merah sering digunakan sebagai obat herbal atau minuman kesehatan.

Meracik Jahe

Membuat wedang jahe tidaklah sulit, yaitu cukup dengan segelas air panas dan potongan jahe. Jika ingin lebih merasakan sari dari jahe itu sendiri, jahe bisa diparut, dihancurkan dengan blender, atau digeprek. Memang membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyiapkan wedang jahe dengan metode ini, namun rasa pedas jahe akan lebih terasa jika menggunakan metode tersebut.

Bagi Anda yang kurang memiliki waktu untuk mempersiapkan wedang jahe dengan cara tersebut, cobalah untuk mengonsumsi X’TRAGIN Jahe Merah yang sudah diracik dan diproses secara modern, sehingga Anda dapat langsung merasakan manfaat jahe dengan cepat dan praktis. Tidak perlu menyiapkan dan memotong-motong jahe, karena minuman bubuk ini bisa langsung dinikmati dengan seduhan air panas.

X’TRAGIN Jahe Merah sudah tersedia di sini.