3 Tips Cegah Dampak Polusi Udara Terhadap Kesehatan

Akhir-akhir ini sedang heboh berita tentang polusi udara, terutama di area Ibukota dan sekitarnya sejak aktivitas berkendara mulai kembali normal. Hal ini didukung oleh data dari AQI (Air Quality Index) yang menunjukkan bahwa kota Jakarta berada dalam daftar 10 kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Pasalnya, pencemaran udara dapat berdampak buruk terhadap kesehatan, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Yang dapat dirasakan dalam jangka pendek misalnya batuk-batuk, mata perih, hingga kesulitan bernapas. Yang juga berbahaya ialah dampak jangka panjang, karena tidak langsung dirasakan oleh tubuh. Kita merasa baik-baik saja, padahal paru-paru sedang menghirup udara yang berpolusi. Lalu apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencegah dampak polusi udara terhadap kesehatan kita?

1. Menggunakan masker setiap keluar rumah

Di kala pandemi, ini tidak lagi menjadi permasalahan karena memang biasanya akan memakai masker setiap keluar rumah. Akan tetapi bagi Anda yang masih merasa malas memakai masker karena merasa pandemi mulai mereda, alasan pencegahan menghirup polusi udara bisa menambah motivasi untuk menggunakan masker. Jangan lupa juga untuk memakai masker saat sedang bersih-bersih rumah Anda, karena berisiko terpapar debu dan partikel-partikel kecil tak kasat mata yang mungkin terhirup.

2. Olahraga rutin

Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga ketahanan fisik tubuh. Pilihlah rute atau tempat berolahraga yang minim polusi udara, seperti gym, taman, dan area yang jarang ada kendaraan bermotor. Anda juga dapat bersepeda untuk ikut mengurangi jumlah polusi udara lho. Berolahraga di dalam rumah juga dapat menjadi opsi, seperti squat dan lari di tempat.

3. Menjaga pola makan

Konsumsilah makanan yang bergizi sesuai anjuran dari praktisi kesehatan, seperti buah dan sayuan yang mengandung antioksidan untuk membantu menangkal radikal bebas yang berasal dari polusi udara. Anda juga dapat memperoleh antioksidan dari rempah-rempah, seperti jahe, cengkeh, kayu manis, kunyit, dan asam jawa.

Perkenalkan X’TRAGIN Es Kunyit Asam + Madu yang terdiri dari bahan utama kunyit dan asam jawa. Minuman ini juga dilengkapi dengan madu agar rasa dari kunyit dan asam jawa tidak terlalu menyengat dan menyesuaikan selera Anda.

Baca juga : 4 Cara Jitu Cegah Bau Badan Secara Alami

X’TRAGIN Es Kunyit Asam + Madu dikemas dalam bentuk sachet agar praktis tinggal seduh dimana saja dan kapan saja. Dapatkan dan nikmati promonya di sini.