Tips Menyusun Resolusi Tahun Baru

Memulai tahun yang baru berarti kita memiliki kesempatan baru untuk mengejar tujuan yang belum tercapai. Sebelum kita menuliskan resolusi untuk tahun 2021 ini, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar susunan resolusi kita tidak berhenti sampai di catatan saja, namun benar-benar terealisasi.

Penulisan spesifik dan terukur

Alih-alih menuliskan “saya ingin mempunyai gaya hidup lebih sehat”, cobalah diganti dengan “saya mau makan buah dan sayur setiap hari”. Semakin spesifik keinginan kita, ada penegasan tersendiri bagi diri untuk melakukannya karena tidak terasa abstrak. Hampir sama halnya dengan kalimat “saya harus diet!”, sebaiknya diubah menjadi “target berat badan bulan April 2021 = 50kg”. Jika seperti ini penulisannya, kita tahu sampai batas mana target kita, sehingga strateginya pun lebih berfokus mencapai impian tersebut.

Pengalaman adalah pelajaran yang berharga

Tak seorangpun dapat menyangkal bahwa pengalaman di masa lampau merupakan suatu pelajaran yang berharga. Mari kita coba flashback sebentar, adakah resolusi tahun lalu yang belum tercapai? Atau adakah pengalaman tertentu yang cukup membekas di hati dan pikiran sehingga kita tidak mau mengulanginya lagi? Kita bisa memakai kesempatan ini untuk menuliskan strategi mencegah terulangnya peristiwa yang kurang mengenakkan tersebut.

Realistis dan relevan bagi kita

Pilih target yang realistis dan relevan dengan kehidupan kita. Jika secara logika tidak dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu, maka jangan memaksakan diri. Contoh, apabila setelah dihitung hingga tahun ini keuangan dirasa cukup untuk membeli sebuah rumah maksimal seharga 900 juta rupiah, jangan kita menargetkan membeli rumah senilai 2 milyar rupiah. Jika kita mau membeli rumah yang lebih mahal dari 900 juta rupiah, kita bisa memasukkannya ke resolusi tahun berikutnya.

“Kecil-kecil cabai rawit”

Mulailah dari hal-hal kecil namun memberi dampak positif buat kita. Misalnya “melakukan sit-up 15 kali sehari” untuk kita yang hampir tidak pernah berolahraga, atau “minum multivitamin setiap pagi” bagi kita yang kurang istirahat karena kesibukan pekerjaan. Resolusi yang terlalu sulit untuk dilakukan, justru akan berujung menjadi tidak dilakukan. Apabila sudah terbiasa melakukannya, barulah menggantinya ke satu langkah lebih sulit. Langkah demi langkah, pelan tapi pasti.

Menyusun dengan pikiran santai

Ambil waktu luang, pikirkan dengan matang namun jangan terburu-buru. Salurkan energi positif ke dalam susunan resolusi agar kita lebih bersemangat lagi saat menjalaninya. Tak lepas dari kemungkinan juga, kita mulai merasa down saat menemukan berbagai rintangan dalam menentukan pencapaian di 2021. Agar lebih santai, kita bisa menulisnya sambil meminum minuman hangat yang menenangkan atau minuman yang mampu menyemangati kita kembali, seperti X’TRAGIN Kopi Jahe Ginseng.

Sebagai kopi jahe ginseng pertama di Indonesia, minuman berkafein ini mengandung hangatnya jahe dan khasiat ginseng. Selain bisa bikin kita jadi lebih rileks, kita juga menjadi lebih bersemangat dalam menyusun resolusi kita. Temukan X’TRAGIN Kopi Jahe Ginseng di sini.